Tips Desain Website Agar Menarik Dikunjungi

Agung

Last Update: August 19, 2020

Written by : Agung

Tips Desain Website Agar Menarik Dikunjungi

Website adalah sebuah kumpulan beberapa halaman pada suatu domain di internet . Dibuat untuk tujuan tertentu yang saling terkoneksi serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dengan URL website. Dalam website biasanya terdapat 3 bagian, yaitu front page, isi, dan post page.

Berikut adalah bagian-bagian penting dalam sebuah website. Selain isi dan konten yang harus menarik, sangat penting memperhatikan desain layout websiter guna mendukung isi konten yang termuat di website Anda. Berikut beberapa tips desain website:

1.Homepage

tips desain website 1

Homepage biasanya dijadikan frontpage pada website, yaitu ketika orang mengunjungi link URL website Anda, maka tampilan pertama adalah homepage. Karena menjadi bagian pertama yang ditampilkan, maka sangat penting untuk memberikan kesan awal yang menarik kepada pengunjung website.

 

  • Headline

Berikan headline pada homepage website sesuai dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Hal tersebut penting karena pengunjung akan beranggapan bahwa URL yang ia tuju sudah tepat. Selain itu perhatikan juga font dan size pada headline agar sesuai dengan tema.

 

  • Sub Headline

Sub headline berfungsi untuk mengantarkan pengunjung untuk membaca/scroll down website Anda. Umumnya sub headline berupa tagline atau sebuah pertanyaan dari apa yang pengunjung cari.

Contoh tagline “Kami Berkomitmen Untuk Memberikan Karya Terbaik Untuk Hasil Visual Yang Efektif”, bisa juga berupa pertanyaan “butuh jasa pembuatan animasi profesional? Kami ahlinya!” dan lain sebagainya.

 

  • Background

Background pada headline sebaiknya mencolok agar bisa menarik perhatian pengunjung website. Pemilihan warna dan gambar sangat penting, gunakan background gambar dan warna yang menggambarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kesesuaian desain logo dengan warna background juga harus diperhatikan. Hal tersebut penting agar website tidak terlihat norak.

 

  • Menu Header

Pada bagian atas homepage terdapat menu header yang akan mengantarkan pengunjung kepada single page yang akan dituju. Umumnya menu header terdiri dari Home, About, Service, dan Contact serta di sematkan beberapa sosial media.

tips desain website 2

Pada single page About berisi tentang informasi mengenai perusahaan dan bisnis Anda. Umumnya tentang sejarah berdiri, latar belakang, visi dan misi perusahaan. Penting bagi Anda untuk memperkenalkan semua hal tersebut agar dapat menambah kepercayaan calon customer.

Selanjutnya terdapat page khusus untuk layanan jasa/produk yang Anda tawarkan. Page tersebut berguna untuk memberikan pilihan layanan apa saja yang akan Anda berikan kepada calon customer.

Kemudian page Contact memuat informasi nomor telepon yang dihubungi, alamat perusahaan, email kantor, media sosial, dan lain sebagainya. Jangan lupakan tombol Call To Action berupa button yang mengarahkan kepada nomor yang dapat dihubungi.

Tidak ketinggalan juga pasang icon sosial media perusahaan pada menu header. Berguna agar calon customer lebih mengenal dan dekat dengan perusahaan atau bisnis Anda. Selain itu dapat meningkatkan kepercayaan kepada prospek bisnis.

Pada bagian homepage sebaiknya perkenalkan sedikit informasi mengenai perusahaan dan bisnis Anda. Untuk lebih lengkapnya pengunjung bisa menuju single page About pada menu header. Berikan kesan awal pada pengunjung bahwa perusahaan Anda adalah profesional dan terpercaya.

tips desain website 3

Tips desain website selanjutnya berikan beberapa portofolio atau layanan jasa/produk yang perusahaan tawarkan. Berguna untuk menambah ketertarikan dan kepercayaan calon customer agar lebih yakin menggunakan jasa Anda. Untuk bagian lebih lengkap mengenai layanan dan portofolio dapat Anda sematkan pada single page Service.

tips desain website 3

Pada bagian selanjutnya dapat menambahkan daftar klien atau customer. Memberikan kesan percaya dan profesional kepada calon customer bahwa perusahaan berkompeten untuk menggarap pekerjaannya. Anda dapat menyematkan beberapa logo atau brand klien pada bagian menu di Homepage.

tips desain website 4

Bagian terakhir pada Homepage adalah footer. Terdapat menu dan sosial media seperti pada bagian menu header, namun yang membedakan disini adalah terdapat informasi atau penanggungjawab website tersebut.

tips desain website 5

 

2. Isi

Pada bagian ini umumnya berisi tentang informasi yang lebih detail mengenai perusahaan dan bisnis Anda. Menu header About, Service, dan client memiliki informasi masing-masing. Pastikan nama menu dan isi menu relevan dan tidak keluar dari konteks. Jangan lupa memberikan desain layout yang menarik agar pengunjung menikmati saat membaca.

 

  • Single Page About Us 

tips desain website 6

Halaman ini memuat informasi mengenai perusahaan dan bisnis Anda, mulai dari company profile, sejarah berdirinya, latar belakang, visi dan misi.

Anda dapat memberikan video company profile agar pengunjung lebih tertarik. Karena menurut penelitian, video visual cenderung lebih memberikan awareness daripada hanya berupa tulisan. Untuk hal ini sebenarnya opsional dan bisa diganti dengan gambar atau copywriting yang menarik.

tips desain website 7

Berikan alasan kenapa calon customer harus memakai layanan jasa perusahaan. Buat mereka yakin bahwa jasa yang Anda tawarkan dapat menjawab masalah yang calon customer hadapi. Tunjukkan keuggulan atau penawaran jasa Anda yang tidak dimiliki perusahaan lain.

Contoh:

  • 100% Bergaransi Puas
  • Pengerjaan Tepat Waktu
  • Harga Yang Terjangkau
  • Memiliki Tim Yang Profesional dan Berpengalaman
  • Produk Dijamin Original
  • Dll

tips desain website 8

Tak ketinggalan, tips desain website yang cukup penting adalah tunjukkan keahlian atau produk yang perusahaan Anda tawarkan agar calon customer memiliki beberapa pilihan dalam membeli jasa dan produk. Calon customer akan lebih tertarik jika dihadapkan oleh beberapa pilihan yang berbeda dibandingkan hanya ada satu pilihan saja.

tips desain website 9

Sematkan foto tim untuk meningkatkan kepercayaan calon customer kepada perusahaan Anda. Hal tersebut penting karena sangat banyak website abal-abal yang menawarkan layanan jasa atau produk palsu. Selain itu penambahan foto tim akan menambah kesan dekat dengan calon customer.

 

  • Single Page Service

Menu Service pada header memuat semua jenis layanan jasa atau produk Anda. Pada bagian headline berikan sedikit kata pembuka dan sekilas tentang hasil pekerjaan. Berikan penjelasan atau edukasi tentang jasa Anda kepada calon customer.

tips desain website 10

Ilustrasikan semua layanan jasa yang Anda tawarkan dalam bentuk yang kreatif. Bisa berupa gambar, video, atau gabungan dari keduanya. Tambahkan sedikit penjelasan mengenai pilihan jasa tersebut. Berguna membantu calon customer untuk menentukan jasa apa yang akan ia beli.

tips desain website 11

Selanjutnya berikan beberapa pilihan paket jasa yang Anda tawarkan, ini sifatnya opsional. Sebaiknya membuat klasifikasi paket jasa yang sesuai dengan target atau calon customer dengan spesifik. Berikan minimal dua opsi pilihan paket jasa atau produk.

tips desain website 12

 

  • Single Page Our Work

tips desain website 13

Pada single page ini semua konten yang dimuat adalah kumpulan hasil pekerjaan perusahaan Anda. Walaupun pada halaman home sudah ada portofolio, namun di single page ini lebih detail dan lengkap. Klasifikasikan sesuai dengan jenis portofolio Anda.

tips desain website 14

Hal tersebut penting untuk memastikan calon customer mudah mencari dan mendapatkan apa yang ia butuhkan dari perusahaan Anda. Tampilkan hasil karya terbaik dengan resolusi bagus, jangan menggunakan resolusi yang terlalu kecil, karena dapat menurunkan kualitas portofolio Anda.

Selain warna yang sesuai, penempatan gambar juga harus Anda perhatikan. Harmonisasikan dengan berbagai elemen lain.

 

  • Single Page Client

tips desain website 15

Pada single page ini, konten yang dimuat adalah semua hal mengenai klien yang pernah memakai jasa Anda. Cantumkan daftar brand perusahaan yang bekerjasama dan testimoni mereka. Penting karena dapat meningkatkan kepercayaan calon customer kepada perusahaan Anda.

tips desain website 16

Daftar brand tersebut bisa Anda urutkan dari yang terbesar dan terkenal. Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan brand lain, akan tetapi untuk memberikan kesan awal ke calon customer bahwa brand terkenal pun memakai jasa Anda.

tips desain website 17

Testimoni dari klien sangatlah penting, sematkan juga foto klien Anda (jika berkenan), tidak ketinggalan cantumkan juga profesi dan nama dari klien Anda agar calon customer tidak menganggap testimoni tersebut seakan mengada-ada.

 

  • Single Page Contact

Pada single page ini berisi informasi mengenai alamat dan nomor yang bisa dihubungi. Berikan juga tombol Call To Action untuk memudahkan calon customer menghubungi dan memesan layanan jasa atau produk Anda. Biasanya tombol CTA akan langsung menuju link WhatsApp.

tips desain website 18

Selain itu tambahkan kolom FAQ atau hal yang sering calon customer tanyakan untuk memudahkan ia menemukan jawabannya. Anda juga bisa menambahkan form data untuk diisikan calon customer sabagai data diri, akan tetapi hal ini opsional.

 

3. Tahap Pengujian

Tahapan pengujian penting untuk memastikan semua tampilan dan fungsi berjalan dengan baik. Kuncinya, jangan melewatkan satu halaman atau elemen pun dalam proses ini. Double check pada semua landing page, single page, tombol call to action, dan code-code yang di butuhkan untuk keperluan website.

Jika menemukan bug atau kesalahan coding, Anda bisa segera memperbaikinya. Untuk hasil terbaik juga bisa melakukan beberapa kali pengujian dengan melibatkan orang yang berbeda, berguna untuk menemukan taste desain layout terbaik yang pengunjung sukai. Buatlah beberapa pilihan tema atau layout yang berbeda dan pilih yang paling baik.

Selain itu, Anda juga perlu mencatat bagaimana performa yang diberikan website tersebut selama tahapan pengujian. Lakukan pengujian kecepatan dan kualitas website di GT Metrix. Pastikan skor page speed diatas 85% dan kececpatan loading dibawah 5 detik.

Walaupun tampilan website menarik, jika proses loading terlalu lama, akan berdampak buruk bagi Anda. Faktanya, 47% pengunjung menginginkan proses loading tidak lebih dari 2 detik saja. Bahkan, Google sudah menentukan bahwa kecepatan loading adalah faktor yang mempengaruhi ranking di mesin pencari mereka. 

Website yang lambat bisa terkait dengan penggunaan gambar yang tidak teroptimasi, banyaknya animasi yang digunakan, dan lainnya. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website Anda dengan mudah, salah satunya menggunakan plugin WP Rocket, Hummungbird, dll untuk menambah kecepatan loading.

Selain itu untuk mengcompress gambar, video, atau animasi, Anda bisa menggunakan plugin Smush Pro. Plugin ini sangat membantu untuk mengurangi kapasitas muatan pada website Anda.

Itulah beberapa tips desain website dan trik untuk membuat website, juga cara mengoptimalisasinya. Yang perlu diketahui adalah desain layout masing-masing website bisa berbeda, sesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda. Cari berbagai refrensi desain dan tema untuk diambil yang terbaik.

Perlu diingat adalah ketika kita membuat desain layout, posisikan diri kita sebagai pengunjung website, sehingga kita tidak asal-asalan membuat desain sesuai apa yang kita mau saja. Karena kembali pada tujuan awal, website itu untuk mencari prospek dan awareness dari pengunjung.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

ALSO ON LEJITKANOMSET

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x