7 Langkah Optimasi SEO Website
Terbaik Menggunakan Rank Math

Penulis Rankmath

Last Update: August 11, 2020

Written by: Alin

Pentingnya SEO untuk Website

 

SEO atau Search Engine Optimization sangatlah penting bagi sebuah website. Bertujuan untuk mendapatkan tempat terbaik di halaman hasil pencarian. Khususnya untuk digital marketing, karena dapat menghasilkan traffic dan brand awareness untuk bisnis Anda.

Persaingan untuk mendapatkan tempat di halaman pertama hasil pencarian menjadi tugas yang berat karena banyaknya pemilik situs web yang bersaing. Jika anda tidak menggunakan strategi yang tepat dan optimasi SEO yang benar maka Anda akan kalah bersaing  dengan web lainya dan web Anda akan terkubur. Bayangkan jika itu adalah web bisnis Anda?

Banyak jenis SEO, tetapi salah satu jenis yang paling penting adalah secara teknis. Bagaimana situs web Anda terstruktur dan jika mesin pencari dapat mengakses konten sepenuhnya. Memastikan bahwa mesin pencari memahami dan memberikan preferensi ke halaman terpenting dari situs web Anda.

 

Apakah Rank Math itu?   

Plugin Rank Math SEO membantu Anda mengoptimalkan konten situs web Anda dan menjadi lebih mudah bahkan bagi pemula sekalipun.Merupakan plugin praktis yang dapat membuat situs WordPress Anda menjadi juara teratas di mesin pencari. Menangani semua optimasi SEO berdasarkan rekomendasi yang diberikan.

 

Bagaimana Cara Optimasinya?

Pertama setup Rank Math terlebih dahulu.

Jika Anda belum menginstal Rank Math, maka sebaiknya Anda melakukannya terlebih dahulu.

Setelah Rank Math terpasang, secara otomatis menampilkan wizard pengaturan.

Setelah proses pengaturan dimulai, Anda akan disambut oleh layar aktivasi, yang akan terlihat seperti ini.

Optimasi SEO Rankmath
Tampilan saat setup Rank Math.

Jika Anda telah melewati wizard aktivasi sekali, maka Anda dapat menuju ke bagian Dashboard> Help dan gunakan tombol aktivasi di sana untuk mengaktifkan Rank Math.

Rankmath SEO Aktivasi
Tampilan Dashboard sesudah melewati Wizard Aktivasi.

Setelah Anda mengklik tombol, layar login akan muncul.

Optimasi SEO dengan Rankmath,
Tampilan Layar Login.

Anda dapat membuat akun baru, atau masuk dengan akun yang ada dengan Facebook atau Google. Setelah masuk, Anda akan secara otomatis dibawa ke dasbor situs web Anda, Rank Math diaktifkan.

Rankmath sukses diaktivasi.
Tampilan sesudah login Rank Math.

Anda dapat menjalankan Setup Wizard lagi dari tab di atas, yang akan membawa Anda ke halaman berikut.

Perbedaan setup mode di rankmath.
Macam-macam setup mode di rank math.

Mode tidak jauh berbeda. Opsi Advanced memungkinkan Anda mengkonfigurasi semua pengaturan, sementara mode easy memungkinkan mengkonfigurasi hanya beberapa pengaturan, dan sisanya dikonfigurasikan berdasarkan praktik terbaik.

Dalam tutorial ini, menggunakan Mode Advanced sebagai referensi,

Setelah Anda siap, klik tombol Start Wizard untuk melanjutkan.

Mulai setup wizard dengan mode pilihan.
Setup wizard dengan mode pilihan Anda.

Ini adalah bagaimana layar berikutnya. Di bagian atas halaman, Anda akan melihat bagian kemajuan, untuk dapat mengidentifikasi di mana Anda berada dalam proses penyiapan. Bagian progres juga dapat diklik, dan dapat menggunakannya untuk kembali ke langkah apa pun yang Anda inginkan selama proses pengaturan.

Perbedaan setup wizard.
Tampilan sesudah memilih mode setup wizard.

Sekarang mari kita telusuri satu per satu langkah untuk memahami cara mengkonfigurasinya.

 

Langkah 1 – Impor Data dari Plugin Lain

Rank Math dapat mengimpor pengaturan SEO dari banyak plugin. Ini membuat transisi dari plugin SEO lainnya ke Rank Math mulus, dan itu tidak mempengaruhi peringkat SEO Anda sama sekali.

Rank Math akan secara otomatis mendeteksi plugin SEO mana yang Anda gunakan dan memungkinkan Anda memilih secara selektif pengaturan mana yang dapat Anda impor. Misalnya, berikut ini tampilan layar Impor Data saat situs Anda diatur menggunakan Yoast SEO.

Import setting dari plugin SEO yang lain
Tampilan import setting dari plugin SEO yang berbeda.

Anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan proses impor dengan hanya mengimpor data yang dipilih dari plugin SEO yang ada. Untuk memeriksa data mana yang akan diimpor, klik tombol tarik turun di tepi bidang Impor Data.

Import Spesific Setting
Tampilan untuk import specific settings.

Anda dapat memilih atau tidak memilih data yang ingin Anda impor atau tidak impor. Tapi, sedikit peringatan. ** Setelah proses impor dimulai, plugin SEO lain yang Anda gunakan akan dinonaktifkan (untuk menghindari konflik), dan jika Anda tidak mengimpor beberapa data, itu mungkin hilang selamanya. Itu sebabnya kami menyarankan Anda memilih semua data untuk diimpor. ** Ini akan membuat transisi lebih mulus.

Piliih Settings dan klik import untuk memulai importing settings
Klik semua setting dan klik import untuk mulai mengimpor setting.

Proses impor akan segera dimulai. Rank Math akan memberi Anda pembaruan tentang berbagai pengaturan yang sedang diimpor. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses akan tergantung pada berapa banyak posting yang dimiliki situs web Anda. Setelah proses selesai, tekan tombol lanjutkan.

Setting import selesai kemudian klik Continue
Setelah setting import selesai, klik continue untuk melanjutkan prosesnya.

 

Langkah 2 – Memilih Jenis Situs Web Anda

Beginilah tampilan layar untuk langkah ini.

Pilih tipe websitemu
Tampilan pilihan tipe website – Step 1

Langkah pertama dalam proses menyiapkan Rank Math adalah memberi tahu situs web yang Anda coba operasikan. Ada beberapa opsi untuk dipilih, dan berikut adalah daftar opsi yang bisa dilihat di menu tarik turun.

Semua opsi untuk memilih tipe website di Rankmath
Tampilan semua opsi tipe website di Rank math.

Meskipun ada beberapa opsi, mereka dapat dikategorikan menjadi 2 jenis. Pribadi atau Bisnis. Jika Anda memilih salah satu opsi Bisnis, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan di layar.

Hubungan tipe business dengan opsi di Rankmath.
Hubungan tipe bisnis dan opsi di Rank math.

Sebelum menunjukkan kepada Anda cara mengkonfigurasi Rank Math untuk berbagai jenis situs web, akan lebih baik untuk memahami apa arti setiap pengaturan.

Memilih jenis situs web dan kategori bisnis yang tepat cukup penting. Itu tidak mengubah rekomendasi Rank Math, tetapi itu mempengaruhi metadata ** situs web Anda. Mencakup * data terstruktur * tentang situs web Anda dalam kode situs web sehingga mesin pencari seperti Google dapat membacanya dan memahami tentang apa situs web Anda. Maka disarankan mengkonfigurasi langkah ini secara optimal.

Jenis Situs Web

Pilih jenis yang paling sesuai dengan jenis situs web Anda.

Semua Opsi tipe website di Rankmath
Tampilan semua opsi tipe website di Rank math.

Sebagai contoh disini akan menggunakan opsi Small Business Website untuk demonstrasi.

Jenis usaha

Bidang Jenis Bisnis adalah tempat memilih jenis bisnis yang Anda operasikan. Ada banyak opsi yang tersedia untuk dipilih, jadi kami sarankan meluangkan waktu untuk memilih yang paling dekat dengan bisnis yang sebenarnya. Anda juga dapat mencari jenis bisnis dengan mengetiknya di keyboard.

Semua jenis bisnis di Rankmath
Tampilan saat memilih jenis usaha di Rank math.

Nama Perusahaan

Nama Perusahaan adalah tempat memasukkan nama resmi bisnis Anda. Harap perhatikan bahwa ini dapat berbeda dari nama situs Anda.

Menuliskan nama perusahaan di Rankmath
Tampilan untuk menuliskan nama perusahaan di Rank math.

Logo untuk Google

Di sini akan mengunggah logo situs web Anda untuk digunakan oleh mesin pencari. Ini dapat muncul dalam grafik pengetahuan, hasil yang banyak, dan semua jenis snippet lainnya. Rasio aspek yang ideal adalah persegi, karena lebih disukai oleh mesin pencari. Resolusi minimum yang didukung adalah 160 × 90 piksel, dan resolusi maksimum yang harus Anda unggah adalah 1920x1080px.

Opsi Logo for google di Rankmath
Opsi logo untuk google di Rank math.

Default Social Share Image

Di sini dapat mengunggah gambar yang akan dijadikan default untuk berbagi sosial untuk situs web. Setelah Rank Math diatur, Anda akan memiliki opsi untuk memilih gambar tertentu untuk digunakan saat berbagi untuk setiap pos. Jika tidak menentukan gambar, gambar yang Anda unggah di sini akan digunakan sebagai gantinya.

Tombol untuk upload default social sharing image
Cara untuk upload default social sharing image di Rank math.

Pengingat: Jika memilih jenis situs web pribadi, Anda tidak akan melihat bidang Jenis Perusahaan dan Nama Perusahaan di halaman tersebut, Anda hanya perlu mengisi informasi lainnya.

Setelah Anda siap, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

 

Langkah 3 – Menyiapkan Google Search Console

Google Search Console adalah seperangkat alat yang dibuat untuk webmaster atau pemilik situs web. Setelah situs web terhubung dengan Google Search Console, pemilik situs web dapat mengakses informasi tentang cara Google melihat, mengambil, dan mengindeks situs web mereka. Ini membantu mereka mengatur situs web mereka sehingga Google dapat memahami semua konten di situs web, termasuk data terstruktur.

Berikut ini tampilan halaman konfigurasi untuk Google Search Console.

Seperti yang Anda lihat, sakelar untuk mengaktifkan ekstensi dinonaktifkan. Cukup klik sakelar untuk mengaktifkan ekstensi. Anda akan melihat beberapa bidang tambahan muncul di halaman.

Enable google search console
Enable google search console untuk mendapat 2 opsi setting selanjutnya.

Menyiapkan Google Search Console dengan Rank Math dengan 3 langkah.

  1. Pastikan situs web Anda ditambahkan ke Search Console
  2. Otentikasi Peringkat Matematika untuk terhubung dengan Search Console
  3. Memilih properti yang tepat untuk Rank Math untuk mengambil data

Mari kita pahami setiap langkah ini secara terperinci.

Pastikan situs web Anda ditambahkan ke Search Console

Jika memasang Rank Math di situs web baru, kemungkinan Anda belum menghubungkan situs web dengan Google Search Console. Jelas, jika situs web Anda tidak terhubung ke Search Console, maka Rank Math tidak dapat mengambil informasi apa pun tentangnya. Oleh sebab itu situs web Anda harus sudah terhubung ke Search Console terlebih dahulu.

 

Langkah 4 – Sitemap

Sitemap seperti indeks untuk mesin pencari, dan membantu mesin pencari menemukan konten situs web Anda dan mengindeksnya dengan benar.

All sitemap setting di Rankmath.
Semua opsi setting sitemap di Rank math.

Sitemap

Opsi ini mengaktifkan atau menonaktifkan fitur sitemap. Diaktifkan secara default, dan disarankan tetap seperti itu. Jika memiliki plugin lain yang menghasilkan sitemap, disarankan Anda menonaktifkannya. Tidak efisien untuk mengaktifkan 2 plugin yang melakukan pekerjaan yang sama.

Enable sitemaps di Rankmath
Enable sitemaps di Rankmath.

Sertakan Gambar

Opsi ini mengaktifkan atau menonaktifkan penyertaan gambar di sitemap. Pengaturan ini dihidupkan secara default, dan disarankan untuk tetap seperti itu. Mengindeks gambar situs web akan membantu mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari pencarian Gambar Google.

Enable inclusion image in the sitemap
Enable pengaturan “include image” di Rank math.

Public Post Types

Opsi ini mengontrol jenis posting mana yang akan dimasukkan dalam sitemap. Ada 2 opsi untuk dipilih.

Posts: Harus diaktifkan; jika tidak, posting Anda tidak akan diindeks.

Pages: Aktifkan pengaturan ini hanya jika memiliki beberapa konten di situs web yang diterbitkan pada halaman. Anda dapat menonaktifkannya jika hanya memiliki halaman sederhana seperti Tentang Kami, Hubungi Kami, dll.

Enable pengaturan
Enable pengaturan “post” dan “pages”.

Taksonomi Publik

Opsi ini berkaitan dengan penyertaan taksonomi dalam sitemap. Opsi yang Anda lihat di sini akan tergantung pada jumlah taksonomi yang Anda buat di situs web.

Enable Public taxonomies di Rankmath
Enable “Public taxonomies”  di Rankmath.

Setelah mengonfigurasi pengaturan untuk kebutuhan, tekan tombol “Simpan dan Lanjutkan” untuk beralih ke langkah berikutnya.

Click save and Continue untuk melanjutkan proses.
Click “save and continue” untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

 

Langkah 5 – Optimasi dan SEO Tweaks

Pada langkah ini, Anda akan mengaktifkan tweak sederhana untuk situs web yang membuat dampak besar. Berikut ini semua opsi yang muncul di layar.

Semua opsi setting di SEO Tweaks
Tampilan semua opsi pengaturan di SEO Tweaks.

Noindex Empty Category and Tag Archives

Sering kali Anda menambahkan banyak kategori dan tag ke situs web, berharap untuk menggunakannya di masa depan, tetapi mereka tidak digunakan sama sekali. Di WordPress, setiap kategori, taksonomi, dan tag memiliki halaman arsip — yang merupakan kumpulan dari semua posting dalam taksonomi itu. Disarankan mengaktifkan pengaturan ini.

Enable Noindex Empty Category and Tag Archives
Enable “Noindex Empty Category and Tag Archives”
 
Nofollow External Links

Biasanya, Anda dapat nofollow tautan apa pun dengan menambahkan atribut rel = “nofollow” ke dalamnya dengan menggunakan pengelola tautan WordPress. Mengaktifkan pengaturan ini akan membuat semua tautan eksternal nofollow secara default, yang akan menghemat waktu Anda. Untuk saat ini, disarankan Anda mengaktifkan pengaturan ini.

Enable nofollow of external links
Enable “nofollow of external links” di Rank math.

Buka Tautan Eksternal Tab / Jendela Baru

Biasanya merupakan praktik yang baik untuk membuka tautan eksternal di tab baru dengan menambahkan target = “_blank” ke tautan tersebut. Rank Math dapat secara otomatis melakukan semua tautan eksternal dengan pengaturan ini. Pengaturan Aktif secara default, dan disarankan tetap seperti itu.

Enable Open external link in new tab/window
Enable “Open external link in new tab/window” di Rank math

Setelah Anda mengonfigurasi semua pengaturan ini, klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk ke langkah berikutnya.

Klik save and continue untuk lanjutkan proses
Klik “Save and continue” untuk lanjut ke proses selanjutnya.

 

Langkah 6 – Pamerkan Situs Web Yang Anda Optimalkan

Selamat. Dengan mengikuti semua langkah dalam tutorial ini, tidak hanya telah berhasil mengimpor pengaturan plugin Anda saat ini, tetapi juga telah mengatur situs web untuk kesuksesan SEO.

Tampilan mengatur plugin dan situs web telah selesai
Tampilan ketika pengaturan sudah selesai.

Terlepas dari aspek berbagi social. Jika Anda perhatikan, ada juga tombol untuk mengatur beberapa Opsi Tingkat Lanjut. Mari kita jelajahi opsi-opsi lanjutan ini. Pengaturan ini tidak wajib, tetapi Opsi Lanjutan memang memiliki beberapa opsi menarik yang akan membuat hidup Anda lebih mudah, sehingga sangat dianjurkan.

Opsi lanjutan di Rankmath
Opsi lanjutan di Rank math.

Setup Advanced Options

Setelah mengklik tombol Pengaturan Opsi Lanjutan, Anda akan mencapai halaman yang mirip dengan halaman di bawah ini.

Tampilan setelah mengeklik Opsi Setup Advanced Option
Tampilan setelah mengeklik Opsi “Setup Advanced Option”

Jadi, berdasarkan pengalaman sebelumnya, Anda dapat memahami bahwa ada 2 pengaturan di Pengaturan Lanjutan. Mari kita jelajahi satu per satu.

 

Langkah 7 – 404 + Redirection

Berikut adalah opsi yang akan Anda lihat di halaman 404 + Redirection.

Setting in the 404 monitor and redirection manager
Tampilan layar di halaman 404 + Redirection.

404 error terjadi ketika halaman yang diakses tidak ditemukan. Berita baiknya adalah Rank Math memiliki 404 Monitor yang mampu menangkap semua kesalahan di situs web dan melaporkannya kepada Anda. Setelah tahu masalahnya, Anda dapat menerapkan solusi, kemudian ke opsi berikutnya.

Solusi paling umum untuk menyelesaikan 404 error adalah mengarahkan ulang halaman-halaman tersebut ke halaman lain. Redirect memiliki banyak kegunaan penting lainnya, dan harus ada di gudang manajer situs WordPress. Sekali lagi, WordPress tidak memiliki cara untuk mengelola pengalihan secara native, dan itulah sebabnya ada di Rank Math.

Memantau 404 error dan mengelola pengalihan adalah hal-hal penting yang akan Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, dan itulah sebabnya kami menyarankan Anda mengaktifkan kedua opsi ini.

Enable kedua opsi di 404 monitor and redirect manager di Rankmath
Enable kedua opsi di “404 monitor and redirect manager” di Rank math

Setelah selesai, klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

Langkah 8 – Markup Skema

Langkah selanjutnya berkaitan dengan Skema Markup. Jika tidak tahu apa itu, Skema adalah metadata tentang situs web dan posting Anda yang dapat ditambahkan ke situs web  untuk memberikan konteks pada mesin pencari.

Skema menjadi penting selama beberapa tahun terakhir, dan itu akan menjadi lebih penting di tahun-tahun mendatang. Rank Math menyertakan manajer skema komprehensif yang memungkinkan Anda untuk menambahkan metadata skema ke semua postingan, dan pada halaman tersebut, Anda akan mengonfigurasi beberapa default. Berikut adalah pengaturan pada halaman.

Settings schema mackup
Tampilan layar Settings schema markup.

Seperti yang Anda lihat, Skema diaktifkan secara default, karena sangat penting. Selain itu, Anda dapat mengkonfigurasi skema default untuk posting, halaman, dan posting khusus (jika Anda membuatnya). Ada banyak opsi yang tersedia, dan dengan setiap jenis skema, Anda dapat mengonfigurasi detail di dalam pos.

Perlu diingat bahwa ini hanyalah pengaturan default yang berlaku untuk setiap postingan ketika membuatnya. Anda jelas dapat masuk ke pos dan mengubah jenis skema dan pengaturan yang berbeda untuk skema. Anda dapat membiarkan pengaturan secara default.

Setting rekomendasi untuk schema markup
Setting rekomendasi untuk schema markup.

Setelah Anda siap, klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyelesaikan pengaturan dan kembali ke dasbor.

Tampilan dashboard ketika setup di Rankmath sudah selesai.
Tampilan dashboard ketika setup di Rank math sudah selesai.

Sekian langkah-langkah optimasi terbaik menggunakan Rank Math. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan SEO agar optimasinya lebih baik lagi. Jangan lupa kunjungi Website lejitkanomset untuk melihat artikel-artikel bermanfaat lainya !

Sumber: https://rankmath.com/kb/how-to-setup/

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

ALSO ON LEJITKANOMSET

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x