#MiniArticle: How To: Digital Marketing Di Masa Covid-19

rsz_alfan-1024x1024

Last Update: December 04, 2020

Written by : Alfan

How To: Digital Marketing Di Masa Covid-19

Digital Marketing Covid
Source

ย 

1. Fokus pada SEO.

Seperti yang kita tahu, hasil SEO biasanya akan didapatkan 3 bulan sampai 6 bulan di masa depan. Maka mulailah SEO dari sekarang, dan panen nanti ketika covid sudah mulai mereda.

SEO relatif low budget dan merupakan pondasi digital marketing yang penting untuk banyak bisnis.

2. Lean Marketing

Karena omset menurun dan budget marketing berkurang, maka sebaiknya kita fokuskan budget marketing kita pada channel atau jurus marketing yang terbukti menghasilkan. ๐‰๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง๐ค๐š๐ง ๐ญ๐ž๐ค๐ง๐ข๐ค ๐ฆ๐š๐ซ๐ค๐ž๐ญ๐ข๐ง๐  ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข๐ก ๐›๐ž๐ฅ๐ฎ๐ฆ ๐ฃ๐ž๐ฅ๐š๐ฌ ๐ก๐š๐ฌ๐ข๐ฅ๐ง๐ฒ๐š…

Ini adalah jurus marketing 101 ketika bisnis sedang mengalami krisis, ketika perusahaan omsetnya sedang menurun. Cut costs and increase ROI.

3. Go Big

Berbeda dengan saran nomer dua, kita juga bisa melakukan jurus yang berbeda dengan semua orang. Ketika semua orang mengerem budget marketing, kita bisa malah meningkatkan budget marketing kita.

Tentu ini harus dipikirkan baik baik. Karena ini jurus yang sangat beresiko. Big risk, big rewards.

Belajar dari krisis 2008 >> Seperti yang ditulis oleh John Quelch di Financial Times pada tahun 2008:

โ€œTelah didokumentasikan dengan baik bahwa brand yang meningkatkan budget iklan selama resesi, ketika para pesaing malah mengurangi, maka brand tersebut dapat meningkatkan pangsa pasar dan ROI dengan biaya lebih rendah dibandingkan selama masa ekonomi yang baik.โ€

4. The New Normal. Pivot and Add Value

Bagi beberapa bisnis, new normal malah menjadi momentum kesempatan. Kira-kira apa yang bisa anda buat/ubah/sesuaikan dengan kondisi new normal ini.

Contohnya beberapa bisnis sudah mengubah layanan mereka > Pizza Hut berjualan dijalan-jalan. Restoran yang membuka take away. Pembelajaran dan pertemuan berubah ke zoom. dll… selalu ada kesempatan baru.

Namun jangan hanya pindah ke online/channel baru saja, tanpa ada nilai tambah berarti.

๐๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐ข๐ง๐ฌ๐ž๐ง๐ญ๐ข๐Ÿ ๐š๐ ๐š๐ซ ๐ฉ๐ž๐ฅ๐š๐ง๐ ๐ ๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐ž๐ค๐š๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐š๐ฎ ๐›๐ž๐ซ๐ฉ๐ข๐ง๐๐š๐ก ๐ค๐ž ๐œ๐ก๐š๐ง๐ง๐ž๐ฅ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐›๐š๐ซ๐ฎ.

Contohnya ketika pizza hut pindah ke jalan, mereka memotong harga (4 pcs pizza dgn harga 100rb). Value apa yang bisa anda berikan sehingga mereka mau pindah ke channel baru?

5. Siap siap akuisisi talent yang ada di pasar.

Saya teringat sebuah kisah di buku Jim Collins “Good To Great” dimana perusahaan Hewlett-Packard mengakuisisi banyak talent bagus ketika masa krisis setelah perang dunia ke-2.

Padahal mereka belum tahu mau ditempatkan kemana. ๐‡๐ ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ข๐ค๐ฎ๐ญ๐ข ๐ฉ๐ซ๐ข๐ง๐ฌ๐ข๐ฉ “๐…๐ข๐ซ๐ฌ๐ญ ๐–๐ก๐จ, ๐“๐ก๐ž๐ง ๐–๐ก๐š๐ญ”

Walaupun tips ini bukan ranah digital marketing, ku pikir ini tips ini penting untuk di ingat kembali.

Akan ada banyak talent talent bagus yang tergerus oleh krisis ini. Jika masih ada budget tuk ekspansi, mungkin ini saat yang tepat tuk mulai hiring lagi.

###

Sebagai penutup artikel ini saya ingin mengingatkan diri pribadi bahwa:

a. Krisis ini, seperti krisis krisis sebelumnya, akan berlalu. Kebanyakan bisnis tidak hanya akan melewati krisis ini, namun tumbuh menjadi lebih kuat.

Dan juga seperti krisis krisis sebelumnya, setelah masa krisis ini akan diikuti dengan masa makmur yang berkepanjangan. So get ready… habis gelap terbitlah terang.

b. Dalam masa krisis seperti ini pun bisnis tetap berjalan. Orang masih butuh produk dan jasa. Spend belanja online malah melesat. Shopee, Tokopedia, Lazada, dll masih menjalankan promo promo akhir tahun. Sepeda brompton harga puluhan juta masih laku. Bisnis tanaman hias booming.

Dan kecemasan tidak akan hilang kecuali dengan kita bergerak. Cemas berlebihan tidak menyelesaikan apa-apa…

c. Kita sebagai entrepreneur mempunyai tanggung jawab besar dalam menjalankan roda perekonomian. Terlebih sektor UKM. Kita yang memastikan arus uang berputar. Kita memiliki andil yang paling besar. Melalui produk dan jasa yang kita jual, gaji staff yang kita bayarkan, spend harian kita sendiri.

Selain dokter dan tenaga medis, (dengan tidak mengecilkan andil profesi lain) pebisnis menurut saya yang paling bisa membawa Indonesia paling cepat keluar dari krisis ekonomi. CMIIW…

###

mau campaign google ads kamu di manage oleh ahlinya?

skuyyy kesini >> lejitkanomset

###

#withlove #majuteruspantangmundur #ahaddigital

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Categories

ALSO ON LEJITKANOMSET

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x