4 Fitur Rahasia Canva
Agar Desainmu Semakin Epic !

Frischa

Last Update: August 22, 2020

Written by: Frischa

4 Fitur Rahasia Canva 

Desain merupakan suatu komponen penting yang banyak dicari oleh masyarakat kita di berbagai bidang terutama di bidang marketing. Dewasa ini, tak jarang kita melihat penggunaan desain sebagai komponen untuk pemasaran produk dan brand awareness yang tak lain tujuanya untuk menarik perhatian calon pembeli atau customer

Agar menghasilkan design yang berkualitas biasanya kita harus memiliki skill dalam menggunakan software editor atau harus merogoh kocek untuk membayar jasa desain. Namun, untuk Anda yang ingin menghasilkan design berkualitas tanpa harus ribet-ribet mempelajari software editor dan tidak ingin mengeluarkan budget untuk menyewa jasa desain maka Canva adalah solusinya.

 

Mengenal Canva

 Canva adalah sebuah tools desain grafis yang dirancang untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat berbagai jenis desain kreatif secara online. Desain kreatif yang dapat dibuat pun beragam, seperti feed instagram, kartu ucapan, poster, brosur, infografik, presentasi, dll. 

Canva ini sendiri tersedia dalam tiga versi,  yaitu versi web, versi Android, dan versi Ios. Dilihat dari cara penggunaan Canva yang terbilang sangat mudah digunakan karena fitur drag and drop-nya serta berbagai fitur gratis lainya yang disediakan oleh Canva untuk para penggunanya membuat tools desain grafis ini memungkinkan Anda mendesain sesuatu dengan cepat.

 

Fitur Gratis di Canva

Seperti yang telah kita bahas mengenai Canva. Tools desain grafis ini menawarkan berbagai fitur gratis untuk para penggunanya. Fitur gratis ini bisa di gunakan setelah Anda berhasil melakukan Log In atau masuk ke dalam Canva menggunakan akun Anda. 

Jika Anda belum mempunyai akun untuk mengakses tools desain grafis ini, Anda bisa memilih pilihan Sign In atau “Daftar” untuk membuat akun baru.

Fitur gratis yang akan Anda dapatkan setelah berhasil masuk ke dalam Canva adalah berbagai demo desain yang bisa Anda edit kembali tanpa harus membuatnya dari awal, Anda juga bisa memakai berbagai elemen untuk ditambahkan ke dalam canvas desain.

Beberapa font dan kombinasi style text juga tersedia secara gratis untuk Anda gunakan, Anda juga bisa menyimpan desain ke dalam beberapa tipe seperti PDF, PNG, JPG, dll. 

Namun, taukah Anda ? Selain fitur-fitur yang telah disebutkan tadi, Canva memiliki beberapa fitur rahasia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. 

Padahal, fitur ini sangat berguna untuk membantu Anda dalam mendesain sesuatu. Berikut cara menemukan fitur rahasia di dalam Canva.

 

 

Langkah-Langkah Menemukan Fitur Rahasia di Canva

 

1. Masuk ke Canva

Desian

Pertama Anda harus memiliki akun Canva terlebih dahulu di www.canva.com pastikan menu yang ditampilan dalam bahasa inggris, karena fitur gratis rahasia ini belum tersedia pada web yang menggunakan versi bahasa indonesia. 

Anda bisa melakukan Sign In  dengan berbagai pilihan akun yang di sediakan oleh Canva atau regristasi dengan mengisi data diri pribadi  untuk membuat akun baru di Canva. Jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya, Anda bisa melakukan Log In untuk masuk ke dalam web Canva.

 

2. Masuk ke bagian Learn kemudian klik bagian Tutorials

Setelah Anda berhasil masuk ke dalam Canva. Anda akan disuguhi tampilan seperti ini

Desian Canva 1

Di bagian pojok kiri atas terdapat 4 menu yang tertera, yaitu Home, Templates, Discover, dan Learn. Pilih bagian Learn kemudian akan muncul tampilan seperti ini.

Desian Canva 2

Setelah memilih “learn” , dibagian pojok kanan terdapat 7 pilihan menu menurun. Pilih bagian “tutorials” dan tampilan layar Anda akan menjadi seperti ini

Desian Canva 3

 

3. Scroll Hingga ke Ujung Bawah

Setelah Anda mendapatkan tampilan layar di bagian “tutorials” seperti contoh diatas. Scroll layar anda hingga menuju bagian yang paling bawah sampai tampilanya seperti ini.

Desian Canva 4

Di bagian bawah ini terdapat berbagai macam jenis fitur dan menu dari Canva.

Desian Canva 5

Pada bagian resources terdapat 4 fitur Canva yaitu font combinations, photo editor, color wheel, dan palette generator. Inilah 4 fitur rahasia Canva yang sangat berguna untuk membantu memudahkan Anda  mendesain sesuatu. 

Fitur ini belum banyak diketahui orang karena letaknya yang masih tersembunyi terlebih fitur ini belum tersedia pada canva web versi bahasa indonesia.

Sekarang Anda sudah tahu letak dari 4 fitur rahasia Canva ini. Kira-kira apa kegunaan dari 4 fitur rahasia ini?

 

1. Font Combination

Desian Canva 6

Fitur pertama yang akan kita bahas adalah Font Combination. Fitur ini berguna untuk membantu Anda dalam memilih kombinasi font yang cocok untuk Anda gunakan dalam mendesain sesuatu. 

Pemilihan font yang tepat di dalam canvas desain kerap kali membuat kita bingung, apakah font-font yang telah kita pilih itu terlihat cocok disandingkan satu sama lain atau tidak. Oleh karena itu fitur ini sangat berguna sekali untuk membantu Anda memilih kombinasi font yang tepat.

Cara penggunaanya pun mudah. Anda cukup memilih font apa yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh saya memilih font “Quicksand” untuk membuat desain

Setelah Anda memilih jenis font yang akan dipakai. Fitur ini akan secara otomatis melakukan proses loading, mencari font apa yang cocok untuk disandingkan dengan font “Quicksand”

Fitur rahasia canva

Inilah tampilan setelah proses loading selesai. Nama font yang berada di kotak merah adalah nama font yang cocok apabila disandingkan dalam 1 frame desain.

 Di atas kotak merah tersebut adalah contoh penggunaan kedua font tersebut dan di bagian kanan terdapat contoh penerapan font apabila digunakan ke dalam canvas desain.

 

2. Photo Editor

Fitur rahasia Canva yang kedua adalah photo editor. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengedit atau memberikan efek kepada foto dengan cepat. Photo editor sangat mudah digunakan. Tampilan photo editor akan terlihat seperti ini

fitur rahasia canva

Untuk memulai, Anda cukup mengeklik bagian “edit your photo now” dan tampilanya akan berubah menjadi seperti ini

fitur rahasia canva

Anda dapat memilih foto mana yang akan Anda edit dari “photo libary” milik Canva atau bisa juga dengan mengupload foto yang diinginkan dari galeri Anda sendiri.

Dalam fitur Photo Editor. Terdapat 5 menu yang bisa Anda gunakan untuk mengolah foto Anda, Antara lain

Filter: Menu ini memungkinkan pengguna untuk memberikan efek filter yang disediakan oleh Canva. Pengguna juga dapat mengatur komposisi pewarnaan dalam foto secara manual, seperti mengatur  bagian brightness, contrast, atau bagian saturation pada foto Anda.

Edit: Menu edit memungkinkan para pengguna untuk mengubah ukuran pada foto atau merubah bentuk pada foto dengan berbagai pilihan. Di dalam menu Edit terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memperbaiki ukuran atau bentuk foto Anda, seperti

  • Crop yang berfungsi untuk memotong gambar secara instan dengan berbagai pilihan ukuran yang sudah tersedia.
  • Rezise yang berfungsi untuk mengatur ulang ukuran gambar secara menual dengan menuliskan ukuran yang anda inginkan ke dalam kolom yang tersedia.
  • Rotate yang berfungsi untuk merubah posisi foto dengan cara memutar ke arah left atau right.
  • Flip yang berfungsi untuk merubah posisi foto dengan cara membalik gambar secara vertikal atau horizontal.

Text: Dengan menu text ini, pengguna dapat menambahkan berbagai tulisan yang mereka inginkan ke dalam foto. Tersedia beberapa style text yang bisa Anda pilih untuk diterapkan ke dalam foto Anda. 

Tetapi, Anda tidak dapat menggunakan model custom atau mengatur sendiri style text yang diinginkan dalam fitur ini. 

Jika ingin lebih bebas dalam menambahkan text, Anda bisa memilih pilihan “Turn your photo into stunning graphics” yang nanti akan membawa Anda kepada laman Home Canva.

Anda bisa memilih jenis desain yang diinginkan kemudian Anda bisa dengan bebas menambahkan berbagai text di dalamnya.

 

Collage: Menu ini memungkinkan pengguna untuk mengkolase beberapa foto secara bersamaan. Tetapi, lagi-lagi pilihan kolase yang disediakan oleh canva hanya beberapa. 

Jika ingin lebih bervariasi lagi dalam mengkolase foto, Anda dapat mengeklik pilihan “Turn your photo into stunning graphics” yang akan membawa Anda menuju laman home Canva. 

Setelah itu, Anda dapat mengetik “collage” ke bagian search design dan akan langsung mendapat berbagai pilihan model collage yang tersedia.

fitur canva

 

Shape: Dengan menu ini pengguna dapat menambahkan berbagai bentuk shape ke dalam foto. Tetapi bentuk shape yang tersedia hanya terbatas. 

Untuk menggunakan bentuk shape yang lebih varian lagi, Anda dapat memilih bagian “Turn your photo into stunning graphics” dan memilih desain yang akan Anda buat.

 

3. Color Wheel

Fitur rahasia ketiga dari Canva adalah color wheel. Penggunaan color wheel ini sangat membantu Anda dalam memilih kombinasi warna yang cocok untuk digunakan secara bersamaan di dalam canvas Canva. 

Tampilan untuk color wheel sendiri adalah seperti ini

Fitur canva

Pada bagian lingkaran warna, terdapat 3 lingkaran penanda. Lingkaran paling luar akan menunjukan tingkatan kecerahan pada warna. Pada bagian dalam lingkaran terdapat 2 lingkaran, lingkaran yang besar menandakan warna yang Anda pilih dan lingkaran yang kecil menandakan warna yang cocok untuk dikombinasikan dengan warna yang Anda pilih.

Sebagai contoh saya memilih warna biru cerah.

color wheel

Dalam color wheel ini terdapat 3 fitur

  1. Pick a color: Pick a color ini menunjukan warna yang telah kita pilih dalam lingkaran warna. Kita juga dapat mengubah warna secara manual menggunakan kode warna di bagian kolom yang tersedia.
  2. Choose a color combination: dalam fitur ini kita dapat mengatur kombinasi warna apa yang kita inginkan. Terdapat 5 pengaturan kombinasi warna yang tersedia, Antara lain complementary, monochromatic, analogous, triadic, dan tetradic. Warna yang tertera dibawah kolom adalah hasil kombinasi warna yang dapat digunakan secara bersamaan.
  3. Use this color combination: pada fitur ini terdapat dua pilihan, yaitu “create a graphic” untuk menerapkan kombinasi warna ke dalam desain yang akan kita buat atau “export palette” untuk menyimpan kombinasi warna yang telah kita dapatkan kedalam format PDF atau CSS

Jika Anda mengescroll layar kebawah, Anda akan melihat informasi tentang apa itu color wheel dan color theory. Di dalam fitur ini juga dijelaskan berbagai macam informasi tentang color combination, seperti complementary, monochromatic, analogous, triadic, dan tetradic.

Tidak hanya itu, fitur ini juga menjelaskan apa itu primary, secondary, and tertiary colors, warm and cool colors, shades, tints and tones, dan juga heu, saturation, and luminance.

 

4. Color Palette Generator

Fitur rahasia keempat Canva adalah Color Palette Generator. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat palet warna dengan cepat. 

Anda juga bisa mendapat contoh palet warna dari sebuah gambar yang disediakan oleh canva atau gambar yang bisa Anda upload sendiri ke dalam Canva. Tampilan dari color palette generator adalah seperti ini

fitur canva

Dalam fitur ini, terdapat 2 pilihan yang bisa Anda gunakan. Fitur “Upload an image” memungkinkan Anda untuk mengupload gambar yang ingin Anda ambil contoh palet warnanya, sedangkan fitur “try demo image” digunakan untuk mengambil contoh palet warna dari gambar yang disediakan oleh canva.

Jika Anda mengescroll layar kebawah, Anda akan menemukan berbagai contoh palet warna yang telah disediakan oleh Canva. Terdapat juga 2 fitur yang tersedia yaitu “Explore color combination” dan “create a custom color palette”

color palette

 Explore color combination: digunakan untuk mengexplore berbagai macam kombinasi palet warna. Terdapat 99 kombinasi palet warna yang tersedia di Canva. 

Anda dapat mengetikan nama warna, tema, atau kode warna di bagian kolom search untuk mencari kombinasi palet yang ingin Anda gunakan.

fitur canva

Create a custom color palette: dalam pilihan ini Anda dapat membuat kombinasi palet warna Anda sendiri. Jika memilih fitur ini nantinya akan tersambung dengan fitur color wheel dimana Anda dapat menentukan kombinasi warna yang Anda inginkan.

 

Manfaat Menggunakan Fitur Rahasia Canva

Ketika mendesain sesuatu kita kerap kali kebingungan dengan penggunaan warna dan font yang cocok untuk desain kita, bagaimana cara mengombinasikan warna agar terlihat bagus dan indah untuk dipandang, dan seperti apa cara untuk mengkombinasikan font atau warna dengan baik dan benar.  

Fitur-fitur Canva ini sangat membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut karna yang perlu kita lakukan cukup mengeklik pilihan-pilihan yang tersedia di dalam fitur tersebut. 

Dan yang sangat menggembirakan adalah fitur ini dapat digunakan secara gratis. Anda pun tidak perlu bingung lagi dalam pemilihan warna atau font ketika mendesain sesuatu,

Demikian artikel yang berisikan informasi tentang fitur Canva yang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal fitur ini sangat membantu sekali ketika proses desain berlangsung. 

Kita tidak perlu takut lagi untuk salah dalam mengkombinasikan komposisi warna dan model font di dalam design kita. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda wawasan baru dalam dunia desain dan dapat membantu Anda ketika melakukan desain kreatif menggunakan tools Canva.

 

Source

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Agung

Good article..

ALSO ON LEJITKANOMSET

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x